Museum TB. Silalahi Balige

 


TB. Silalahi Center Balige

Museum TB Silalahi atau TB Silalahi Center menceritakan tentang kisah hidup seorang tokoh mulai dari masa kecil yang ditempah berbagai tantangan hingga menjadi karakter yang tangguh sehingga jejak langkahnya menginspirasi banyak orang, beliau adalah Letjen (Purn) DR. Tiopan Bernhard Silalahi, S.H.
TB Silalahi Center didirikan pada tanggal 7 Agustus 2006 dan diresmikan pada tanggal 17 April 2008
Dibelakang Museum ini terdapat Huta Batak atau komplek perkampungan masyarakat batak jaman dahulu. Disini kita dapat merasakan seperti berada di sebuah kampung masyarakat batak ratusan tahun lalu, dengan delapan bangunan kuno yang merupakan warisan sejarah dikawasan toba. terdapat empat bangunan rumah, tiga buah sopo dan satu sopo partungkoan. Di kawasan ini juga terdapat hariara atau pohon beringin yang rindang seolah-olah melindungi perkampungan dari terik matahari. Dibelakang perkampungan ini kita bisa melihat pemandangan indah danau toba
Di Museum ini disajikan panel-panel yang bertuliskan cerita hidup TB Silalahi mulai sejak lahir hingga karirnya di kemiliteran, terdapat juga koleksi sejarah TNI AD, tanda pangkat, jabatan dan kehormatan, koleksi pakaian dinas militer serta perpustakaan.

Posting Komentar

0 Komentar